7 Film Berdasar Kisah Nyata Yang Ternyata Bohong

blogger templates
Kita tentu sudah tidak asing melihat film yang mencantumkan label Based On True Story (berdasarkan kisah nyata). Film-film seperti ini biasanya banyak disenangi oleh penikmat film dan mudah membawa kita terhanyut dalam kisahnya. Namun ternyata tidak semua film yang diberi label tersebut benar-benar merupakan film yang dibuat berdasarkan sebuah kejadian di dunia nyata. Banyak sekali film Hollywood yang diberi label "based on true story" hanya demi kepentingan marketing semata. Seperti 7 film berikut ini yang walaupun berlabel Based On True Story namun ternyata hanyalah kisah rekaan semata.

1. The Strangers

7 Film Berdasar Kisah Nyata Yang Ternyata Bohong
Film horor yang dibintangi sejumlah nama tenar seperti Liv Tyler, Scott Speedman, dan Gemma Ward ini rilis pada tahun 2008. Pemberian label 'berdasarkan kisah nyata' pada film ini ternyata hanyalah sebuah akal-akalan dari tim marketing saja. Cerita dalam film ini dikatakan merupakan cerita masa kecil sang sutradara, Bryan Bertino. Dahulu rumahnya sering didatangi oleh orang-orang tak dikenal dan kemudian ingin merampoknya. Namun pada kenyataannya, tidak ada satu pun pengalaman yang dialaminya di masa kecilnya tersebut berhubungan dengan seorang pembunuh psikopat seperti yang ada pada film tersebut.

2. Texas Chainsaw Massacre

7 Film Berdasar Kisah Nyata Yang Ternyata Bohong
"Texas Chainsaw Massacre" adalah sebuah film horor yang banyak mendapat pujian dan dibuat pada tahun 1974, sebelum kemudian di-remake pada tahun 2003. Dalam versi tahun 2003, film ini dibintangi oleh si cantik Jessica Biel. Film ini sebenarnya memang terinspirasi oleh Ed Gein, seorang pembunuh berdarah dingin yang menggemparkan dunia di tahun 40-an dan 50-an. Namun, plot yang ada di dalam film itu sendiri sebenarnya adalah karangan saja dan tidak ada satu pun yang mirip dengan kisah pembunuhan ala Ed Gein.

3. Flight

7 Film Berdasar Kisah Nyata Yang Ternyata Bohong
Akting Denzel Washington memang tak perlu diragukan lagi. Peraih Piala Oscar ini memainkan peran sebagai seorang pilot yang berjuang dalam kondisi antara hidup atau mati ketika sedang menerbangkan pesawatnya. Plot ceritanya sendiri memang terinspirasi dari kecelakaan pesawat tragis yang menimpa Alaska Airlines Flight 261 di tahun 2000. Sebagai sang pilot, Whip Whittaker, Denzel Washington harus menyelamatkan pesawatnya. Di dalam film, Whittaker berhasil dan selamat. Namun pada kenyataannya, kecelakaan Alaska Airlines Flight 261 dulu berakhir dengan cerita mengenaskan bagi para anggota keluarga penumpang.

4. The Perfect Storm

7 Film Berdasar Kisah Nyata Yang Ternyata Bohong
Nama besar George Clooney dan Mark Wahlberg menjadi jaminan mutu film ini. Film yang sebagian besar mengambil lokasi syuting di atas kapal nelayan yang berukuran sedang, bernama "Andrea Gail". Digarap berdasarkan novel terkenal karya Sebastian Junger dengan judul yang sama, film ini berkisah tentang sekumpulan nelayan yang melakukan pelayaran di tengah lautan meskipun awalnya mereka enggan melakukannya. Namun sebenarnya cerita dalam film ini hanyalah rekaan. Bagian yang benar-benar ada adalam dunia nyata dalam film ini adalah nama-nama tokoh utama yang ada di film ini yang memang merupakan nama-nama korban kapal "Andrea Gail" yang sebenarnya, dan sepertinya hal kecil itu membuat sang sutradara merasa boleh-boleh saja melabeli "The Perfect Storm" dengan 'berdasarkan kisah nyata'.

5. A Beautiful Mind

7 Film Berdasar Kisah Nyata Yang Ternyata Bohong
Kisah tentang seorang jenius matematika yang mengalami skizofrenia dalam "A Beautiful Mind" ternyata bukanlah sepenuhnya kisah nyata. John Forbes Nash, tokoh yang diperankan oleh Russell Crowe, adalah seorang jenius matematika yang terobsesi dengan pemecahan kode untuk lembaga intelijen pemerintah, yang juga mengalami gangguan psikologis semacam skizofrenia. Pada kenyataannya Nash hanyalah merasa seperti mendengar suara-suara dalam kepalanya dan bukannya berhalusinasi seperti orang gila, sebagaimana yang diceritakan dalam film. Selain itu, istri Nash ternyata pada akhirnya meminta cerai di tahun 1963, dan bukannya bersatu hingga akhir waktu seperti dalam film.

6. Braveheart

7 Film Berdasar Kisah Nyata Yang Ternyata Bohong
Mel Gibson memang tampil brilian dalam film epik tentang perang ini. Perannya sebagai William Wallace, seorang pahlawan Skotlandia yang melakukan usaha terbesarnya melawan kekuasaan Inggris pada tahun 1300-an. Dikisahkan dalam film, Isabelle of French, menjalin cinta dengan William Wallace. Padahal pada kisah nyatanya, mereka berdua malah tidak pernah sempat bertemu. Selain fakta bohong tersebut, pakaian dan peralatan perang yang digunakan oleh pasukan William Wallace sangat tidak sesuai dengan kondisi sesungguhnya di tahun 1300-an.

7. The Pursuit of Happiness

7 Film Berdasar Kisah Nyata Yang Ternyata Bohong
Siapa yang tidak terharu menonton film yang dibintangi oleh Will Smith dan sang putra, Jaden Smith? Cerita tentang ayah dan anak yang berjuang melawan kemiskinan di Amerika Serikat ini menghabiskan hati para pemirsanya, hingga akhirnya mendapatkan kebahagiaan di akhir cerita. Anda ingin tahu kisah nyatanya? Will Gardener, sang karakter utama, ternyata tidak sebaik yang digambarkan di film. Will aslinya adalah seseorang yang menyebalkan dan begitu arogan. Dia tidak pintar, hanya oportunis. Dia juga sering melakukan kekerasan rumah tangga pada sang istri, dan itulah yang sesungguhnya membuatnya pergi.

1 Response to "7 Film Berdasar Kisah Nyata Yang Ternyata Bohong"