Cintai Gadis Beda Kasta, Remaja Digantung Warga

blogger templates
Cintai Gadis Beda Kasta, Remaja Dihukum Gantung
India tampaknya benar-benar menjadi negara yang tidak bersahabat dengan cinta. Setiap tahunnya, selalu saja ada kasus dimana sepasang kekasih dibunuh karena alasan kisah cinta beda kasta. Seperti apa yang baru-baru ini dialami oleh seorang remaja pria asal Desa Kharda, Negara Bagian Maharashtra, India. Hanya lantaran dia menjalin cinta dengan gadis berkasta lebih tinggi darinya, ia harus kehilangan nyawa karena dihukum gantung oleh warga.

Seperti dilaporkan oleh surat kabar Times of India, remaja itu awalnya dicekik oleh beberapa warga sebelum akhirnya tewas digantung dengan tambang. Polisi sudah menahan dua orang kakak laki-laki gadis tersebut dan satu rekan mereka. "Mereka memergoki korban tengan berduaan dan langsung melakukan kekerasan," ujar salah satu penyelidik kepolisian Dheeraj Patil. Setelah korban lemas karena dicekik, para tersangka lalu melilitnya dengan tambang dan menggantungnya hingga tewas. Polisi masih memburu tersangka lain ikut andil dalam pembunuhan itu.

Pemasalahan kasta memang menjadi sesuatu yang sangat rumit di India. Kasta atau pembedaan kelas masih banyak dipraktikkan di India bahkan di kehidupan sehari-hari. Hampir setiap aspek kehidupan di India masih dipengaruhi oleh kasta, mulai dari pernikahan, pencarian kerja, kepemilikan tanah, pendidikan, dan sebagainya. Keberadaan kasta ini sulit sekali dihapuskan, terutama di daerah-daerah pedesaan di India.

Sejak dulu pembunuhan atas perbedaan kasta sudah terjadi dengan alasan demi kehormatan dan harga diri sebuah keluarga. Jika mengtahui sedang terjadi peristiwa semacam ini, warga desa umumnya cenderung memilih untuk diam dan hanya menonton karena dianggap demi menjaga nama baik desa mereka. Pembunuhan semacam ini semakin sulit dihapus karena hukum tradisional di India mendukung tindakan tersebut.

0 Response to "Cintai Gadis Beda Kasta, Remaja Digantung Warga"

Posting Komentar